Cara Menjadi Penulis Artikel dan Peluangnya

Jumat, 02 Oktober 2020

 


Hai, Sobat Pembaca!

Assalaamu'alaikum


Saat ini, begitu banyak kebutuhan akan penulis artikel di berbagai platform dan media website. Hal ini membuka peluang yang sangat besar bagi para penulis artikel lepas. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini, menjadikan orang lebih banyak beraktivitas di rumah saja. Peluang besar ini bukan hanya berlaku bagi penulis artikel profesional, tetapi juga terbuka untuk para penulis artikel untuk pemula. Tentunya, akan sayang jika kesempatan baik ini dilepas begitu saja, bukan?

Oleh karena itu, Anda yang saat ini baru mau atau sedang menjalani profesi sebagai penulis artikel lepas, harus sering berlatih dan mempelajari apa saja hal yang penting dalam artikel. Seorang profesional pun dulunya adalah pemula, jadi jangan merasa kecil hati dulu. Anda pun bisa menjadi luar biasa, meski sekarang masih berstatus penulis artikel pemula.

Agar kepiawaian dan kemampuan menulis artikel menjadi makin baik, Anda juga perlu belajar dan berlatih. Artikel ini akan membahas secara detail dan ringkas bagaimana cara menjadi penulis artikel untuk pemula. Jika Anda bisa menjalankan semua tahapannya, bukan tidak mungkin Anda kelak bisa menjadi seorang penulis artikel profesional.


Apakah Menulis Bisa Menghasilkan Uang?


Menulis adalah kegiatan yang banyak manfaatnya. Selain sebagai hobi, dengan menulis Anda bisa memberi terapi pengendalian pada diri dan tentunya bisa menghasilkan uang. Tanpa modal besar, cukup dengan mengasah kemampuan menulis, Anda bisa menambah pendapatan hanya dari rumah saja. 

Banyak sekali jenis tulisan yang dapat Anda hasilkan, mulai dari buku, artikel, cerpen, puisi, dan tulisan penjualan sebuah produk. Saat ini hampir semua bidang bisnis membutuhkan penulis-penulis andal baik secara full time maupun freelancer atau penulis artikel lepas. 

Kesempatan menjadi penulis artikel untuk pemula secara freelancer masih terbuka luas. Anda bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu dana transportasi atau hal lain. Jika Anda bisa menyelesaikan pekerjaan itu sesuai tenggat waktu dan hasilnya memuaskan, bukan tidak mungkin klien akan terus memesan dan berani bayar mahal untuk hasil tulisan yang Anda kirim.


Apa Sih Artikel itu?


Memahami apakah artikel itu  adalah hal yang paling penting sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis artikel. Terlebih artikel itu memiliki berbagai macam jenis sesuai tujuan dan fungsinya. Untuk mempelajarinya, saat ini banyak sekali media yang bisa Anda gunakan. Anda bisa membaca buku, mengikuti kelas-kelas penulisan artikel online, melakukan riset melalui website dan lain sebagainya. 


Artikel secara umum adalah sebuah tulisan pendek berjumlah 300-1000 kata. Isi artikel sendiri merupakan sebuah karangan yang bersifat faktual/sesuai dengan data yang dibuat secara lengkap untuk kemudian dipublikasikan pada media online maupun media cetak dan bertujuan untuk mengungkap fakta dan gagasan yang bersifat mengajak, menghibur, menjelaskan atau menginformasikan berita tertentu.



Apa Saja, Sih, Jenis Penulis Artikel dan Peluang Penulis Artikel Untuk Pemula?



Freepik,com



Penulis artikel adalah seseorang atau individu yang membuat dan menulis sebuah artikel yang baik agar bisa dipahami dengan mudah oleh para pembacanya. Sama halnya seperti artikel, penulis artikel pun memiliki banyak macam. Hal ini juga penting diketahui oleh penulis artikel untuk pemula, dengan begitu Anda akan menjadi lebih nyaman saat mengambil sebuah proyek atau pesanan berbagai jenis artikel.

Penulis profesional maupun penulis artikel pemula sama memiliki peluang yang besar. Tergantung bagaimana Anda berusaha untuk membuat calon klien tertarik dengan hasil tulisan yang Anda buat. So, jangan malas berlatih dan belajar, ya!

Berikut beberapa jenis penulis artikel sesuai dengan tujuan dan jenis artikel yang akan ditulis, di antaranya adalah:


- Technical Writer

Penulis ini biasanya membuat tulisan yang berhubungan dengan penjelasan rinci, teknis atau arahan, dan sebuah instruksi, seperti  whitepaper, rencana desain, petunjuk manual, materi presentasi/pelatihan, dokumentasi teknis, dan lain-lain.


- Content Writer

Content Writer adalah penulis yang menghasilkan sebuah konten menarik yang digunakan secara online. Tulisan yang dihasilkan oleh content writer sangat beragam, di antaranya adalah naskah marketing (sales copy), e-book, podcast, artikel SEO, jurnalistik, review, generalist, dan jenis teks untuk grafik. Penulis konten biasanya menghasilkan berbagai macam konten untuk situs web, blog, media sosial, berbagai situs e-commerce, agregator berita, termasuk juga situs web perguruan tinggi. 


- Copywriter

Copywriting adalah sebuah aktivitas atau pekerjaan dalam menulis sebuah teks/naskah iklan atau materi publisitas. Meski begitu, tidak semua pekerjaan seorang copywriter berhubungan dengan iklan saja. Ada juga beberapa copywriter yang diminta untuk menulis konten berita dengan tujuan memberi informasi saja. Namun pada umumnya, peran dari seorang copywriter adalah memang untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dari klien atau perusahaan yang menaungi mereka.


Lowongan Penulis Artikel


 Nah, apa saja dan di mana, sih,, menemukan peluang bagi penulis artikel pemula? Anda bisa menjelajahi dunia internet jika ingin mencoba berkarier di dunia penulisan artikel. Saat ini, begitu banyak perusahaan dalam berbagai bidang membutuhkan penulis-penulis andal dan berbakat. Namun, bukan berarti penulis artikel untuk pemula tidak punya kesempatan.

Anda bisa mengunjungi beberapa website yang menyediakan tempat dan peluang agar tulisan bisa dipublikasikan dan dibayar, seperti takaitu.id, voxpop.id, geotimes.co.id, rackticle.com, untuk artikel-artikel populer. Ada pula website yang membutuhkan tulisan-tulisan islami seperti sisterfillah.com. 

Jika ingin memiliki pengalaman yang lebih seru dan menantang, Anda bisa mencoba mengirimkan artikel di mojok.co. basabasi.co atau remotivi.or.id yang menawarkan harga cukup tinggi setiap artikel yang berhasil lolos kurasi dan terpublikasi.

Anda juga bisa mencari di beberapa situs pencari penulis artikel, seperti di sribulancer.com atau saungwriter.com. Setelah memberikan CV dan contoh tulisan, Anda tinggal menunggu untuk dihubungi oleh mereka. Cukup mudah, bukan?


Baca juga

6 Cara Agar Rajin Menulis di Blog



Tips Menjadi Penulis Artikel untuk Pemula


Usaha dan doa juga tidak akan berhasil tanpa ketekunan dan kemauan untuk belajar serta berkembang. Tidak ada penulis profesional yang tidak pernah menjadi pemula. Oleh karena itu, makin sering menulis, berlatih dan belajar maka suatu hari Anda pun mampu menjadi seorang penulis artikel profesional. Untuk itu, mari kita simak beberapa tips menjalani profesi sebagai penulis artikel untuk pemula:


1. Memahami berbagai jenis artikel dan cara membuatnya.

2. Banyak membaca berbagai jenis tulisan.

3. Jangan melupakan riset dalam setiap job yang diterima.

4. Taklukkan tantangan yang ada, artikel apapun harus bisa dibuat.

5. Sering berlatih menulis dan pahami aturan menulis yang baik 

6. Olahraga dan bersosialisasi juga perlu sebab kita tidak bisa menulis jika sakit dan tidak mengetahui informasi dunia luar.

7. Menjaga gizi dalam asupan makanan, agar pikiran menjadi jernih serta badan menjadi sehat sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman termasuk dalam menulis.


Nah, demikian pemaparan tentang hal yang penting diketahui oleh para penulis artikel untuk pemula. Pekerjaan yang sekaligus bermanfaat dan bisa berfungsi sebagai terapi kejiwaan ini sangat menyenangkan. Selain Anda bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja, Anda pun dapat menambah pemasukan, meski hanya di rumah sambil menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagaimana, menarik bukan? Anda bisa memulainya saat ini juga, loh. Selamat menulis!


Ditulis oleh: Malica Ahmad (Copywriter, Content Writer, Blogger)

Diedit oleh: Dian Rahayu (Editor, Content Writer, Ghost Writer, Blogger)


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9