Nasi Bebek: Makanan Penggugah Selera yang Melegenda

Jumat, 26 Juni 2020


Hai, Sobat Pembaca

Assalaamu'alaikum

Apa makanan favorit keluarga Anda? Kami sekeluarga penggemar nasi bebek. Kalau tempat makannya, kami sekeluarga kompak suka makan di warung atau resto mana saja. Nasi bebek memiliki pesona tersendiri di hati kami. Apakah ada yang sama dengan kami? Saat makan bebek sekeluarga adalah momen yang menyenangkan. Kadang makan di warungnya, kadang makan di rumah. Keduanya sama-sama menyenangkan.

Daging bebek adalah salah satu sumber protein yang baik selain daging ayam. Dalam daging bebek terkandung banyak zat-zat bergizi.

1. Protein

Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Dalam 100 gram daging bebek, meyediakan 55% kebutuhan protein harian Anda. Wow! Hebat, kan?

2. Lemak

Anda harus membatasi asupan lemak jenuh dalam tubuh hingga tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian Anda. Konsumsi lemak jenuh memiliki efek lebih besar pada kadar kolesterol. Untuk amannya, menggoreng daging bebek tidak dengan minyak kelapa sawit, tetapi dengan minyak kedelai, minyak jagung, atau minyak zaitun. Atau bisa juga mengolah daging bebek dengan cara dibakar. 

Sebanyak 85 gram daging bebek yang dimasak tanpa kulit mengandung 4 gram lemak jenuh, dan mengandung 75 miligram kolesterol. Sementara,  85 gram daging bebek yang dimasak dengan kulit mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol. Ini bisa jadi alternatif menikmati daging bebek yang lezat tanpa khawatir.

3. Vitamin dan Mineral

Dalam daging bebek terdapat vitamin B6 dan B12. Sedangkan kandungan mineralnya sangat melimpah. Ada zat besi, kalium, fosfor, magnesium dan selenium. Zat besi merupakan pengatur berbagai aktivitas metabolik, mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu.

Dalam 3,5 gram daging bebek, mengandung 1,9 miligram zat besi dan 14 miligram selenium. Keduanya berfungsi meningkatkan imun.

Manfaat Daging Bebek

Membaca beragam kandungannya di atas, daging bebek sangat baik dikonsumsi asal dalam jumlah yang wajar. Mau tahu, apa saja manfaatnya? Berikut ini di antaranya.

1. Menjaga Kinerja Otot

Daging bebek banyak memiliki kandungan protein hewani dan sedikit sodium yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sel-sel otot dan jaringan tubuh sehingga sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan dan ibu-ibu hamil agar kinerja otot optimal.

2. Mencegah Anemia

Zat besi yang teedapat pada daging bebek cukup tinggi dibandingkan dengan daging ayam, daging bebek mampu memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian zat besi dalam tubuh orang dewasa. Daging ayam memenuhi hanya sekitar 9%. Wow ... jauh, ya, selisihnya! Zat besi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hemoglobin dalam tubuh dan mencegah anemia.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,5 mg riboflavin (vitamin B2) atau memenuhi 28% dari kebutuhan sehari Anda, yang penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan, serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Wah, asyik, nih! Makan nasi bebek, perut kenyang, rambut sehat.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jangan dikira hanya sayur dan buah saja yang bisa melancarkan pencernaan. Daging-dagingan pun bisa, lo? Daging bebek mengandung niacin (vitamin B3) sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Agar Bisa Makan Daging Bebek tanpa Khawatir

Sudah umum dikenal di masyarakat, bebek mengandung kolesterol yang tidak baik bagi jantung. Agar tetap bisa mengonsumsi daging bebek tanpa khawatir, perhatikan hal berikut ini.

1. Hindari makan daging bebek yang renyah karena biasanya yang renyah berkulit banyak;
2. Tidak terlalu sering makan bebek goreng. Lebih baik direbus atau dibakar agar aman. Resep memasak daging bebek agar tetap lezat meski tidak digoreng bisa dicari di mesin pencari Google. Anda bisa memilih resep di sana sesuka hati;
3. Bila harus digoreng, gunakan minyak sedikit saja. Gunakan minyak kedelai atau minyak zaitun;
4. Dalam sehari, cukup makan satu porsi saja;
5. Gunakan bumbu yang tepat dan alami, misalnya bawang, cabai, lada dan rempah tanpa penggunaan gula atau garam. Hal ini akan mendukung metode pemasakan bebek lebih sehat.
6. Carilah makanan pendamping daging bebek yang rendah kolesterol untuk mengimbangi tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam daging bebek, seperti mentimun dan kemangi sebagai lalapan, semangka yang mengandung likopen, asam amino dan kalium, serta jeruk nipis yang mengandung zat flavonoid. Semua zat tersebut dapat mengontrol kolesterol dalam darah untuk kesehatan jantung.

Warung Nasi Bebek Ning Mah: Warung Favorit Keluarga

Sebenarnya, warung nasi bebek di mana saja sama saja nikmatnya bagi saya dan keluarga. Namun, warung nasi bebek Ning Mah ini agak spesial bagi kami. Tidak saja karena dagingnya yang empuk, bumbunya yang spesial, poyanya yang gurih (kelapa parut yang digoreng kering),  dan sambalnya yang ekstra pedas, tetapi juga karena harganya yang tidak mahal. Sangat ramah di kantong.

Lokasinya juga strategis. Terletak di bilangan Jalan Demak, Surabaya, tepat di kiri jalan perempatan jalan menuju PGS (Pusat Grosir Surabaya). Tidak sulit mencarinya meskipun warung favorit kami ini tidak ada di peta Surabaya dan tidak ada pula di google map.

Menikmati nasi bebek sebetulnya sama saja dengan menikmati makanan bersambal lainnya. Ada kepuasan tersendiri menikmati pedasnya sambal. Yang membuatnya berbeda adalah saat sambal khas Ning Mah yang pedasnya maksimal itu beradu dengan bebek goreng empuk beserta bumbunya. Hmmm ... nikmatnya pun maksimal.

Apakah tidak ada warung nasi bebek lain di Surabaya sampai memilih Ning Mah menjadi tempat makan favorit? Banyak!

Surabaya surganya nasi bebek. Ini menurut saya, ya ... jadi subyektif sifatnya. Kalau beberapa tahun yang lalu makan nasi bebek hanya di malam hari. Maka sekarang ini, di Surabaya, kota kelahiran saya, warung nasi bebek bisa ditemui di sepanjang hari. Mulai pagi, siang, sore, sampai malam ada. Bahkan, ada warung nasi bebek yang buka 24 jam! Seru, kan ...

Yang terkenal adalah:

1. Bebek Purnama

Warung Bebek Purnama sudah berdiri sejak 1992. Entah mengapa, Bebek Purnama menjamur di berbagai kawasan di Surabaya, padahal pemiliknya mengaku tidak membuka cabang. Bebek purnama yang asli terletak di depan sebuah banguban yang dulunya merupakan Bioskop Purnama, sedangkan yang lain hanya meniru atau sekadar terinspirasi. Yang menarik, Bebek Purnama masih betah dijual di tenda kaki lima, bukan di restoran mewah.

2. Bebek Sinjay

Bebek goreng legendaris ini memiliki cabang di Surabaya. Anda tidak perlu  menyeberang ke Madura bila ingin menikmati bebek lezat yang garing dan empuk ini. Dagingnya kesat dan tidak begitu berminyak. Sambal pencitnya juga istimewa dan mengundang selera. Apalagi, Anda boleh mengambil sambal nikmat itu sepuasnya. Luar biasa, kan? 

3. Bebek Harissa

Kalau mau makan bebek goreng di tempat yang mewah, di Bebek Harissalah tempatnya. Makan bebek memang identik dengan warung kaki lima. Namun, Bebek Harissa menjadi pelopor restoran mewah dengan menu bebek goreng. Uniknya, di restoran yang satu ini kerap menciptakan inovasi baru, seperti bebek sambal ijo, bebek rempah, atau bebek resep Thailand dengan 50 buah cabai rawit. Waaaah, bagaimana pedasnya?

4. Bebek Palupi

Bebek Palupi terkenal dengan sambalnya yang merah menggoda dan minyak bekas menggoreng yang banyak bumbunya. Penggemar Bebek Palupi rela mengabaikan kolesterolnya meningkat demi menikmati gurih dan lezatnya bebek yang bumbu dan minyaknya melimpah ini.

5. Bebek Padin

Makan nasi bebek sepanjang waktu? Di Bebek Padinlah tempatnya. Warung bebek yang satu ini buka 24 jam non stop. Sambalnya memikat, bumbunya lezat, daging bebeknya kesat, dan lalapan beraneka macam yang menarik minat, membuat tempat makan ini selalu ramai pembeli. Terlebih lagi, di warung ini juga menyediakan menu lain selain bebek goreng, yaitu aneka ikan goreng, udang goreng, juga udang bumbu merah. Varian menu yang banyak membuat pembeli leluasa memilih. Meski harganya konon tergolong mahal, warung ini tidak pernah sepi. 

Selain kelima tempat di atas, masih sangat banyak warung nasi bebek di Surabaya. Hampir di setiap kecamatan ada dan siapa pun tidak akan kesulitan mencari nasi bebek di Surabaya.

Warung bebek Ning Mah masih juara di hati kami. Bukannya lebay, kami sekeluarga yang memang gemar makan nasi bebek sudah menjadikan warung bebek Ning Mah ini favorit.

Warung ini baru mulai menata meja pukul 19.30 dan start mulai bisa makan pukul 21.00. Meskipun agak malam untuk ukuran makan malam bagi kami, keseruan makan di warung sederhana yang selalu ramai pembeli itu selalu menyenangkan. Konon, warung itu sudah eksis sejak lebih dari 20 tahun lalu. Wow!

Bagi kami sekeluarga yang sangat gemar makan nasi bebek, warung Ning Mah adalah yang nomor satu karena ada perpaduan manis nan spesial antara rasa dan harga. Biasanya, kalau mau rasa yang enak harus mau bayar mahal. Nasi bebek Ning Mah rasanya enak, tetapi harganya tidak mahal. Asyik, kan?

Kalau berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan mengunjungi warung sederhana di perempatan lampu merah Jalan Demak. Kalau makan bisa sambil menikmati lalu lalang kendaraan bermotor dan mengagumi gemerlap bintang di langit (alias warung kaki lima tak beratap) 

Bukankah kepuasan makan bersama bukan terletak pada mewahnya tempat makan? Bagi kami, kepuasan ada pada lezatnya makanan, harga yang pas, dan kebahagiaan yang melimpah karena ada kesempatan makan bersama meskipun hanya di warung pinggir jalan.

Wassalaamu'alaikum

Dian Rahayu


Referensi:

1. Hello Sehat
2. Dokter Sehat

22 komentar on "Nasi Bebek: Makanan Penggugah Selera yang Melegenda"
  1. klo menurut sy daging bebek tuh cenderung amis/ anyir dan agak liat ya..kira2 untuk mengatasi hal itu daging bebeknya dikasih apa ya? kalau kata yg jual daging bebek sdh dibersihkan pakai air abu dan jeruk nipis tp menurut sy kok tetap amis.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direbus dg air kelapa, selain biar empuk juga biar nggak amis. Tapi memang soal selera juga sih, ya ...

      Hapus
  2. Bebwk Nik Mah Ini yang di deket tugu Pahlawan itu nggak sih? Kalau kosku dulu deket bebek palupi. Makan bebek terus ada siraman kuah kuning, wow.. Mantap... Di Madiun nggak ada yang begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebek Ning Mah itu di perempatan jalan sebelum ke PGS, Mbak.

      Hapus
  3. Hiyaaaa baru tau kalo makan bebek bisa menjaga kesehatan rambut. Bisa makan bebek terus nih, apalagi purnama sama sinjay. Terfav bangettt !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Dan bagi saya, makan bebek itu nikmaaat banget hihi ....

      Hapus
  4. Bebek Palupi kayaknya pernah ada di Medan mba.. entah sama atau kebetulan namanya sama ya..
    Saya pun penggemar bebek. Suka banget makan bebek, apapun jenis masakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Toss Mbak ... hihi. Soal selera kadang memang nggak bisa diganggu ya ....

      Hapus
  5. Duhh jadi auto ngiler banget lihat gambarnya. Dulu pernah ga suka sama bebek. Skip kalo ada bebek. Tapi sekarang jadi doyaannnn

    BalasHapus
  6. Pengalaman pernah mampir di kedai pinggir jalan gitu, ada menu bebek goreng, nah aku pesan. Tapi sayang gak menikmatinya karena masih terasa ada aroma amisnya. Apa memang daging bebek seperti itu ya.

    BalasHapus
  7. Bebek panggang tuh enak, tapi harus yang jago masak biar amis nya ngak kecium. Harus banyak2 makan daging bebek nih kayaknya soalnya rambut pada rontok

    BalasHapus
  8. Enak banget nih mbak nasi bebeknya. Pernah saya makan bebek tapi digoreng sama digulai, tapi bebek kl masaknya gak pas bumbunya aroma amisnya masih ada, jadi pernah jadi kurang suka makannya mungkin yg masak blm ahli soal perbumbuannya

    BalasHapus
  9. Awalnya sempat mengira nasi bebek ini dibacanya 'bebek' seperti membaca 'e' dalam 'semut'. Kalo 'bebek' itu artinya nasinya sedikit ditumbuk. Ternyata memang pake bebek ya. Mantap, saya suka hidangan bebek karena lebih gurih dari ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi dari daftar menu bebek diatas, kayaknya belum mencoba satupun nih. Seringnya makan bebek sambel ijo. Entah deh itu varian nasi bebek yang mana.

      Hapus
  10. Aku penggemar banget mb dian, di sini banyak banget makanan nasi bebek ini dan aku sampe eksplor dimanapun suka dicobain jadi tau tempat mana yang enak dan empuk, aahhh jadi pengen

    BalasHapus
  11. Aq suka banget makan bebek. Tidak banyak resto yang jual bebek enak, kadang amis dan keras.

    BalasHapus
  12. Kalau ada pilihan bebek, biasanya saya pilih bebek. Paling suka masak / bebek gulai. Mantul hehe
    Semoga saya bisa ke SBY n cobain hehe

    BalasHapus
  13. ihh favorit aku nie kak dian makan nasi bebek, cuma kata kawan ga bole sering-sering karena bias kolesterol ya , sampai aku pernah penasaran yang nasi bebek sinjay yang lewatin jembatan suramadu itu loh kak wkwkwkw, sama aja sie rasanya cuma antrinya Panjang huhu.

    BalasHapus
  14. Saya hanya beberapa kali makan daging bebek dan memang beda ya rasanya dengan daging ayam. Tapi soal kandungan zat besinya yang bisa mencukupi 50% kebutuhan harian itu saya benar-benar baru tahu

    BalasHapus
  15. Saya sih lebih suka ayam daripada bebek. Tapi suami saya sebaliknya. Ada sih di sini yang jual bebek yang endeus. Nggak liat dan terasa bumbunya. Sepanjang perjalanan Pabelan - Kartasura jalur selatan banyak warung bebek. Harga satu potong rata2 25.000

    BalasHapus
  16. Wah banyak ya warung Bebek di Surabaya, sy pernah ke Bebek Sinjay tp udah lama sih gak ke sana lg... Btw kenapa ya kl diminta mengolah sendiri sy gak pede, tetep tkt bebeknya msh amis hehe

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9