Pemberdayaan Perempuan ala Indari Mastuti

Kamis, 30 April 2020



Siapa yang tak kenal Indari Mastuti? Perempuan warga Bandung yang ide menulis dan ide bisnisnya tak pernah surut ini sebenarnya seorang ibu rumah tangga biasa. Teh Indari, begitu dirinya biasa dipanggil, menjadi sosok yang luar biasa saat menginspirasi dan menyemangati para perempuan untuk menjadi pribadi berdaya, meskipun "hanya"di rumah saja.
Indscript Creative dan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDB) adalah bukti keseriusannya menapaki jalan menjadi penulis dan pebisnis berkualitas.

Tentang Indscript Creative

Dunia kepenulisan tidak asing bagi seorang Indari Mastuti. Mulai menulis sejak tahun 2004. Ketika akan menikah tahun 2007, dia menetapkan diri menjadi penulis dan melepas kariernya di dunia telekomunikasi.

Pada tahun 2007, Teh Indari mendirikan Indscript Creative, yang hadir sebagai wadah perempuan, khususnya bagi ibu rumah tangga yang ingin menjadi penulis dan atau pebisnis. Hadir dengan menjadi agen naskah, yaitu menjadi “jembatan” antara penulis dengan penerbit untuk menerbitkan naskah menjadi buku, Indscript menjadi agensi naskah yang siap menampung naskah-naskah potensial dari para penulis untuk di terbitkan bukunya. Naskah tersebut akan disalurkan ke Penerbit Mayor maupun Indie. Seiring dengan kebutuhan konsumen, maka kini Indscript Creative berkembang menjadi Indscript Copywriting dan Indscript Training Center.

Divisi Training Center di Indscript Creative membuka berbagai program training, bertujuan untuk membagikan ilmu dan jaringan pertemanan kepada siapa saja yang ingin menjadi pebisnis atau penulis. Juga ada kelas-kelas online dengan materi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh perempuan agar lebih berdaya. Contohnya, Cara Ngomzet 100 juta dari WA doang. Juga ada Sukses Rekrut dan Bina Jaringan For MLM, serta Cara Rekrut 100 Reseller atau Downline dari WA doang.
Indscript Creative juga telah menerbitkan sejumlah buku berkualitas dan produk-produk bisnis yang memudahkan perempuan  menjalani bisnisnya dari rumah.


Sumber foto: www IndscriptCreative.com

Sumber foto: www.IndscriptCreative.com

Sumber foto: www.IndscriptCreative.com

Buku-buku dan produk-produk yang berkaitan dengan bisnis ibu rumah tangga juga dihadirkan Indscript. Setiap launching selalu diserbu peminat.

Sumber foto: FP Indscript Creative

Sumber foto: Instagram Indari Mastuti


Dalam hal penerbitan buku, Indscript Creative merupakan script agency yang menjadi jembatan antara penerbit dengan penulis. Biasanya, penerbit sudah memiliki list judul buku yang harus diproses, tetapi kadang kesulitan mencari penulis yang sesuai berkompeten dan sesuai kebutuhan. Indscript yang akan membantu mencarikan penulisnya. Sebaliknya, bila penulis memiliki naskah, tetapi kebingungan menyalurkannya, Indscript bisa menjadi perantara dalam pendistribusian naskah kepada jaringan penerbit yang dimiliki.

Tentang Sebutan Agensi yang Aneh

Menabrak kebiasaan penerbitan, Indscript sempat dianggap agensi yang aneh. Umumnya penerbit menerima naskah full, kalau Indscript menyerahkan hanya judul buku beserta outline-nya saja. Tidak berhenti sampai di sana. Indscript tidak saja mengurusi pengadaan naskah, tetapi juga melakukan pelayanan hingga buku terbit. Satu per satu Indscript mendaparkan pelanggan. Untuk penulisan biografi, Indscript telah dipercaya menulis kisah beberapa tokoh terkenal, di antaranya tentang Teh Ninih Muthma'innah dan Owner Brownis Amanda adalah tokoh terkenal yang pernah ditulis biografinya.

Indacript menerima jasa penulisan sebagai berikut.
1. Jasa Biografi;
2. Jasa Penerbitan Buku;
3. Jasa Penerbitan Buku Indie;
4. Jasa Penulisan Artikel

Tentang Lahirnya Ibu-ibu Doyan Nulis, Ibu-ibu Doyan Bisnis, Sekolah Perempuan dan Emak Pintar


Tidak membutuhkan waktu yang lama hingga akhirnya Indscript mulai dikenal masyarakat. Kebetulan saya mengenal Indscript pada akhir tahun 2017, ketika Teh Indari sudah jauh membawa Indscript melaju dengan kecepatan tinggi. Sudah pula mengalami jatuh bangun merintis usaha, juga sedang berinovasi terus menerus sambil membangun branding. Saya sempat menjadi salah satu anggota tim penjualan dari Leader Euis Marlina. Dua tahun bergabung membuat saya penasaran ingin mengenal lebih dekat dengan Indscript, bu-ibu Doyan Nulis dan Ibu-ibu Doyan Bisnis, juga Emak Pintar.

Alhamdulillaah, meski tidak aktif di grup, sejak saya bergabung dengan grup-grup itu, motivasi saya untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu terus bertumbuh. Teh Indari adalah salah satu di antara beberapa orang yang berjasa membuat saya mengenal lebih jauh dunia kepenulisan.

Tahun 2010 IIDN dibentuk karena Teh Indari melihat banyaknya permintaan tulisan dari penerbit melebihi jumlah penulis. Hal ini yang mendasarinya mengajak para perempuan Indonesia menggali potensi dan menyebarkan kebaikan melalui tulisan.

Sumber foto: Instagram IIDN


Cita-cita Teh Indari kemudian diwujudkan dengan membuat komunitas IIDN melalui Facebook, bulan Mei 2010. Dalam waktu sebulan, grup ini sudah memiliki anggota sebanyak 1.000 ibu. Saat ini sudah sekitar 21.000 orang tercatat sebagai anggota. Bahkan, telah dibentuk koordinator di beberapa kota. Anggotanya ada yang ingin belajar menulis, ada juga yang memang penulis, tetapi tidak mengerti bagaimana mempublikasikan tulisannya.

Adapun lini bisnis Indscript Creative adalah sebagai berikut.

1. Indscript Writing
Sumber foto: www.IndscriptCreative.com
Indscript Writing adalah lini dari Indscript Creative yang berfokus pada dunia kepenulisan. Sebelumnya bernama Indscript Copywriting.
Tahun 2013, Indscript Creative mendirikan Sekolah Perempuan, sebagai wadah belajar menulis bagi perempuan, yang juga memfasilitasi pesertanya menerbitkan buku.

Setelah mengawal lebih dari 20 angkatan, kini Sekolah Perempuan berdiri sendiri sebagai Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia, yang kegiatannya diselenggarakan secara online di channel Telegram gratis.

Sumber foto: Instagram Indari Msstuti.


Bukuin Aja adalah program baru yang dilaunching sekitar Oktober 2019. Dengan harapan ingin menjadi jalan bagi para penulis pemula atau bagi mereka yang naskahnya belum diterima agar dapat menerbirkan bukunya dengan  biaya terjangkau.

2. Indscript Businesswoman University (IBU)
 
Sumber foto: www.IndscriptCreative.com


Indscript Training Center hadir tahun 2014 dan turut menjadi bagian dari bisnis Indscript Creative. Materi yang diberikan dalam Indscript Training Center adalah sharing pengalaman Teh Indari dalam membangun dan mengembangkan bisnis.

Namun, mulai Agustus 2019, Indscript Training Center resmi berubah nama menjadi Indscript Business Woman University atau disingkat IBU, dengan menbawa konsep simply digital for mom, yang menjadi wadah bagi para ibu untuk belajar produktif dengan berbisnis dari rumah. Training online terbaru yang sedang berjalan hingga beberapa angkatan adalah kelas BOW (Bimbingan Optimasi WhatsApp), dan LAAF (Learning All About Facebook).

Kedua training ini booming hingga hari ini. Pesertanya selalu melipah di tiap angkatan. Saya pernah ikut mencicipi kelas BOW, di angkatan 5. Kelas khusus emak-emak itu memang efektif menambah jaringan pertemanan, menambah pengalaman, sekaligus menambah omzet.

Ada juga beberapa kelas yang tidak dibandrol harga tertentu alias bayar seikhlasnya. Membidik target ibu rumah tangga yang sering kali harus "mengalah" dengan berbagai  kebutuhan domestik, training indscript terbilang sukses menjaring banyak peserta dalam setiap launching.

3. Indblack


Sumber foto: Instagram Indblack

Dunia fashion juga dilirik Teh Indari. Berbekal riset terus menerus dan memberdayakan pengrajin sepuratan Bandung, perempuan kreatif ini menghadirkan handsock premium, penutup tangan dengan aksen payet nan mewah dengan harga berani. Inovasi tiada henti di bisnis penulisan diterapkannya juga di lini bisnis yang satu ini. Keunikan berkelas menjadi ciri khas handsock khusus warna hitam ini.

4. Kunikita


Sumber foto: Instagram Kunikita



Kunikita adalah platform yang menyatukan brand-brand produk muslim dan reseller dalam sebuah aplikasi. Dengan membayar hanya Rp. 150.000, siapa saja sudah bisa langsung berjualan, dengan bonus bonus ghijab dan aplikasi.

Tentang 13 Tahun Indscript Creative

Memasuki 13 tahun usia Indscript Creative dan 10 tahun IIDN, Teh Indari makin menguatkan tekadnya untuk menebar manfaat seluas-luasnya, khususnya bagi perempuan Indonesia. Indscript telah menghasilkan lebih dari 4.000 buku yang diterbitkan oleh penerbit besar, seperti Gramedia Pustaka dan Elex Media.

Yang menarik, Indscript telah melakukan banyak hal besar untuk perempuan Indonesia, yaitu pembebasan riba, pemberian hibah modal usaha, donasi lansia, dan berbagai kegiatan donasi lainnya. Luar biasa. Upaya meningkatkan kemanpuan diri, melambungkan bisnis, dan meningkatkan profit diiringi dengan kepedulian terhadap sesama.

Sumber foto: Facebook Indari Mastuti


Saat terjadi pandemi Covid 19 sekarang ini, Indscript membuat program-program khusus perempuan. Antara lain adalah live setiap pukul 07.00 WIB di komunitas Ibi-ibu Doyan Bisnis dan tentang dunia kepenulisan setiap pukul 16.00 WIB.

Tekad  dan Teh Indari menjadikan Indscript dan IIDN sebagai wadah pemberdayaan perempuan terus menyala. Penguatan branding dan perluasan jaringan terus dikembangkan. Berbekal teknologi, Indscript dan IIDN akan terus melaju menghadirkan program-program baru dengan ide-ide baru yang lebih fresh untuk membuat perempuan Indonesia terus berkembang dari masa ke masa.

Berikut ini adalah tiga hal mendasar yang bisa ditiru agar menjadi sosok tangguh yang selalu optimis, suka bekerja keras, dan berwawasan luas seperti Teh Indari Mastuti

1. Belajar tidak Kenal Lelah

Belajar membuat seseorang haus ilmu. Belajar sendiri, mengambil pelajaran dari kegagalan, berguru pada mentor adalah tambahan energi untuk bekal menjadi berdaya.

2. Terus Berinovasi

Pantang menyerah, tidak takut gagal, dan terus melakukan inovasi-inovasi baru adalah cara terbaik meningkatkan kemampuan diri. Siapa pun kita, apa pun profesi kita, harus memiliki semangat untuk mencoba lagi dan lagi agar segera didapatkan potensi terbaik dalam diri, kemudian kembangkan.

3. Perkuat Hubungan Pertemanan

Memperkuat jaringan dan hubungan pertemanan merupakan cara efektif menjadi kuat. Lingkungan yang mendukung dan teman yang selalu memantik semangat membuat seseorang menjadi sosok tangguh.


Semoga Indscript dan IIDN di usianya kini dapat lebih memberi warna bagi liku-liku kehidupan perempuan, lebih luas lagi menjangkau perempuan seluruh lapisan masyarakat dan lebih kaya ide agar dapat menjadikan perempuan berdaya dan produktif, meskipun di rumah saja.


Tulisan ini disertakan dalam kompetisi blog ulang tahun Indscript Creative ke-13 dan ulang tahun IIDN ke-10

34 komentar on "Pemberdayaan Perempuan ala Indari Mastuti"
  1. Ini istri saya sudah mulai saya bikinin blog, biar ada wadah buat nulis. Dia kan dulu jurusan bahasa indonesia. Jadi sayang kalau ilmunya tidak disalurkan.
    Semoga istri saya bisa ngikutin semangatnya mbak Indari:)

    BalasHapus
  2. Hebat sekali bu Indari ini, sudah 13 tahun berkarya dan punya segudang pengalaman. Negeri ini butuh banyak orang kayak bu Indari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, betul itu. Butuh lebih banyak perempuan yg semangat dan inspiratif.

      Hapus
  3. Semoga Indscript dan IIDN makin maju. Saya juga ikut komunitas IIDN waluapun sejauh ini masih pasif. Salut banget dengan bu Indari, sosok inspiratif banget beliau itu.

    BalasHapus
  4. Saya punya bukunya ini, cs direkrut, omzet dilecut kalau gk salah. Simpel si bahasanya. Mudah dipahami.

    BalasHapus
  5. Sungguh wanita yang sangat menginspirasi, semoga ada lebih banyak wanita yang seperti beliau di penjuru negeri ini agar Indonesia bisa berevolusi.

    BalasHapus
  6. Wah baru tau teh Indari merambah dunia fashion juga. Saya kira cuma sekitar kepenulisan. Sukses terus IIDN.

    BalasHapus
  7. Banyak sekali inovasi dari Bu Indari ini ya. Sepertinya inovasinya terus dilakukan, mengikuti perkembangan terkini, khususnya di dunia penerbitan.

    BalasHapus
  8. semakin banyak tempat wanita ingin berkarir atau berkarya semakin banyak juga pulak wanita jaman sekarang bisa membuat perubahan dalam dunia ini..

    BalasHapus
  9. Kagum banget sama semangat dan inovasinya Teh Indari. 13 bukan waktu yang singkat, semoga IIDN semakin maju dan bisa dikenal oleh masyarakat luas lagi

    BalasHapus
  10. Saya juga kagum sama Teh Indari, aktif banget memberdayakan perempuan melalui kegiatan literasi. Semoga pahala selalu mengalir untuk beliau.

    BalasHapus
  11. Kagum dengan sosok Indari, tak hanya sukses sendiri, tapi juga memberdayakan para perempuan lain agar bisa juga meraih kesuksesan

    BalasHapus
  12. Banyak banget blogger yang bahas beliau ya mba. Jadi makin penasaran. Program kerja dan karyanya udah banyak banget. Kereen

    BalasHapus
  13. masya Allah luar biasa ya semangatnya Mbak Indari. banyak juga ternyata lini bisnisnya saya baru tau komunitas iidn saja ternyata banyak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mbak. Dan semuanya melibatkan perempuan. Luar biasa.

      Hapus
  14. Saya pernah membaca kisah tentang mb Indari ini memang beliau kisah hidupnya sangat menginspirasi ya mb dian. Salut saya. Apalagi dengan terbentuknya Indscript hebat banget, semoga sukses selalu dan bermanfaat bagi banyak orang, aamiin.

    BalasHapus
  15. Salur deh ama kegigihan Teh Indari ini ya, udah banyak banget jg menghasilkan penulis² perempuan yg produktif

    BalasHapus
  16. Yes, teh indari dan teteh-teteh penulis lainnya adalah teladan dan contoh buat saya yang baru belajar menulis ini

    BalasHapus
  17. Mbak Indari keren sekali masyaaAllah. Sangat inspiratif. tidak salah akhirnya indsscript begitu sangat sukses dengan banyak program-programnya yang keren

    BalasHapus
  18. Mbak aku tertarik ikut prohram bukuin aja. gimana caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Untuk ikut program bukuin aja langsung hubungi bit.ly/MauTauBukuinAja yaaa

      Hapus
    2. Beri saya no WA, saya kirim ulang link kontaknya

      Hapus
  19. masyaallah, keren bange emang teh indari satu ini. selalu aktif sama untuk berkarya dan sering banget mengadakan kelas menulis. saya beberapa kali ikut kelas gratisnya dan ilmu banget. saya pertama kali terjun menulis juga dari IIDN. ah suka banget sama IIDN pokoknya

    BalasHapus
  20. Masyaallah, teh Indari sosok yang inspiratif banget. Inspirasi banget terutama untuk kaum wanita. Salut banget, jadi pengen join IIDN, tapi diriku bukan ibu-ibu.

    BalasHapus
  21. Masya Allah, betul-betul inspiratif Kak Indari ini. Mampu menggerakkan para ibu untuk terus mengasah kemampuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Tidak semua orang mampu melakukannya. Sukses pula.

      Hapus
  22. Tulisan ini semacam lomba yang dibuat IIDN kah mba ? Bu Indari itu sangat menginspirasi sekali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mbak. Lomba menulis memperingati 13 tahun Indscript Creative dan 10 tahun Ibu-ibu Doyan Nulis

      Hapus
  23. Kagum banget sama teh Indari yang sudah bisa mencetak ibu2 menjadi lebih berkompeten dengan menyalurkan bakat menulis.
    Sungguh sosok yang inspiratif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Semangatnya patut ditiru.

      Hapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9