5 Cara Mengatasi Persaingan Antar Saudara Kandung (Sibling Rivalry)

Rabu, 02 Oktober 2019



Apa yang dimaksud dengan persaingan antar saudara kandung?
Mengapa ada persaingan?
Apa penyebab persaingan?
Bagaimana cara mengatasinya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sudah lama mengusik pikiran saya. Apakah memang ada persaingan antar saudara? Ternyata, persaingan itu tidak selalu dilakukan secara terang-terangan. Kompetisi antar saudara kandung umumnya untuk mendapatkan cinta dan perhatian kedua orang tua. Persaingan bisa berupa kecemburuan, pertengkaran, maupun perselisihan.
Apa saja penyebab persaingan antar saudara?


1. Anak Merasa Kurang Perhatian

Anak-anak di segala usia menginginkan perhatian penuh dari orang tua. Sampai akhir usia balita, anak ingin perhatian terus menerus dari orangtua. Oleh karena itu, orang tua perlu cermat mengatur waktu agar perhatian pada anak bisa maksimal dan tidak condong kepada salah satu anak.

2. Anak Merasa Hubungan dengan Orang Tua Terancam karena Hadirnya Anggota Baru

Kehadiran adik yang baru lahir sering membuat kakak cemburu. Hal ini karena perhatian seluruh anggota keluarga, terutama ibu, tercurah kepada adik baru. Waktu dan hampir seluruh tenaga ibu dan ayah tercurah keoada adik bayi sehingga kakak lupa atau kurang diperhatikan.

3. Anak Mengalami Stres dalam Kehidupannya.

Jangan dikira anak tidak bisa stres.
Hubungan pertemanan yang bermasalah, didikan orang tua yang terlalu keras, atau masalah pelajaran sekolah bisa jadi penyebab stres. Tekanan jadi terasa berat karena anak tidak mengerti cara mengelola stres dan cara mengatasinya. Terlebih lagi, orang tua kurang tanggap dengan kondisi anak maka lengkaplah sudah, anak jadi stres.


4. Cara Orang Tua Memperlakukan Anak dan Menangani konflik

Orang tua sering tidak menyadari ada kecenderungan menyayangi salah satu di antara anak-anak. Hal ini dapat menimbulkan konflik. Bila konflik benar-benar terjadi, orang tua harus bijaksana dalam bersikap dan tidak memihak salah satu.

Apa yang sebaiknya dilakukan orang tua untuk mencegah dan mengatasi persaingan antar saudara? Berikut ini ulasannya.

1. Tidak Membandingkan Anak yang Satu dengan yang Lain




Setiap anak memiliki keunikan dan ciri khas sendiri-sendiri. Karakter mereka berbeda meskipun tinggal bersama. Karenanya, orang tua tidak perlu membanding-bandingkan kekurangan atau kelebihan anak karena masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri.

Baca juga:


2. Membiarkan Anak Menjadi Diri Mereka Sendiri




Keinginan membentuk kepribadian yang baik pada anak sering membuat orang tua tidak tahu atau tidak peduli bahwa setiap anak memiliki potensi yang baik. Akan berkembang menjadi baik bila orang tua memberi arahan yang konstruktif, bukan yang menjatuhkan.

Baca juga:


3. Membuat Anak Mampu Bekerja Sama



Melatih anak mampu bekerja sama harus diupayakan sejak dini. Ajak mereka mem├áhami 
perbedaan, mematuhi arahan, dan belajar mengerti konsekuensi.


4. Menumbuhkan Rasa Saling Memiliki



Nuansa kebersamaan dan kasih sayang harus dihidupkan orang tua di rumah. Anak-anak harus terbiasa berbagi, terbiasa memaklumi kesalahan, dan belajar memahami kebiasaan antarsaudara sehingga dengan demikian anak akan memiliki ikatan batin yang kuat satu sama lain.

5. Bersikap Adil, tetapi Disesuaikan dengan Kebutuhan



Sering kali orang tua keliru memaknai kata adil. Adil tidak selalu sama dalam segala hal, tetapi disesuaikan dengan situasi dan usia anak. Sedini mungkin anak dilatih untuk tidak iri atas apa pun pemberian orang tua karena semua akan mendapatkannya bila tiba saat yang tepat menurut orang tua.
Menjadi orang tua tidak ada sekolahnya. Kita harus belajar setiap saat tanpa jeda membersamai anak tumbuh dan berkembang. Tugas orang tua memberi lingkungan yang kondusif bagi anak agar tidak ada celah bagi munculnya persaingan antar saudara. Biarkan anak-anak  berlomba hanya dalam kebaikan. Bukan untuk bersaing, tetapi untuk meningkatkan kualitas diri mereka dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Tulisan ini  kupersembahkan khusus untuk kelima buah hati yang teramat ibu sayangi. Semoga kelak kalian baca tulisan ini. Semoga Allah menjaga kalian berlima agar selalu dalam hubungan yang baik dan penuh cinta, sepanjang hayat.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9